Headlines News :
Home » , » Rencana Penanganan Banjir

Rencana Penanganan Banjir

Written By Kantor Berita AWDI Pers on Jumat, 03 Maret 2017 | 10.55

Rencana Penanganan Banjir Di Perumahan Alamanda Dikelurahan Gembor Kecamatan Periuk


Tangerang, KantorBerita AWDI - Banjir dan Genangan kerap kali terjadi akibat Luapan Kali Ledug, diantaranya Perumahan Alamanda Kelurahan Gembor Kecamatan Periuk. Kali Ledug merupakan salah satu Kali yang masuk ke dalam Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Cirarab. Kali Ledug memiliki luas daerah tangkapan air sebesar 10,66 km2 dengan debit banjir rencana 50 tahunan sebesar 18,40 m3/det. Kali Ledug ini meluap karena terhambatnya aliran kali yang menuju kali Cirarab akibat tingginya muka air kali cirarap.

 

Kali Cirarab merupakan Sungai Cirarab berawal dari parung Panjang dengan elevasi tertinggi di hulu +60 m dan bermuara ke Laut Jawa. Panjang sungai Cirarab dari hulu sampai hilir adalah 28,5 km dengan kemiringan dasar sungai rerata adalah 0,17 %, yang tergolong cukup landai dengan.
Untuk mengatasi hal tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang pada telah melakukan sejumlah program dan kegiatan diantaranya pembangunan Turap di sisi Kali Ledug pada tahun 2016 lalu. Turap ini merupakan bagian dari sistem long storage kali ledug seluas 14.454,70 m2 dengan kapasitas 47.100,63 m3 dan Muka Banjir Rencana pada level + 7,28 m di atas permukaan air laut rata-rata.

Pada tahun ini akan dilakukan penyempurnaan dengan membangun sistem polder. Polder merupakan suatu sistem kesatuan hidrologis buatan yang tidak terpengaruh dari suatu daerah tangkapan air alamiahnya, sehingga air larian, atau rembesan air tanah bisa ditanggulangi dalam satu kesatuan sistem tata air. Sehingga diharapkan kegiatan tahun ini meliputi pembangunan tanggul keliling, rumah pompa, bangunan pengatur, serta perbaikan jaringan drainase perumahan yang menuju pompa secara bertahap.

(Muali/Jhon)


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Edited | Mas Template
Copyright © 2013. Kantor Berita AWDI Pers - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger